10 Anime Keren Paling Recommended Bagi Fans AOT

10 Anime Keren Paling Recommended Bagi Fans AOT

Attack on Titan atau Shingeki no Kyojin merupakan anime keren yang memiliki kisah yang serius nan suram. Di seri ini sering kali dijumpai karakter yang mati bahkan hampir di setiap serinya pasti ada saja yang tewas. Jika kamu menyukai anime Attack on Titan berarti besar kemungkinan kalau kamu termasuk orang yang suka dengan cerita bertema gelap atau dark fantasy.

Jika memang benar seperti itu maka saya punya beberapa anime rekomendasi bagi kamu yang menggemari Attack on Titan. Hitung-hitung sebagai selingan untuk menunggu kelanjutan season final atau sebagai alternatif. Oke tanpa panjang lebar lagi langsung simak saja daftar di bawah ini.

10. God Eater

anime keren god eater

Ini merupakan anime keren dengan genre pasca-apokaliptik yang dirilis pada tahun 2015 sampai 2016 dengan total 13 episode. Setting waktu serial ini berlangsung pada tahun 2071 di sebuah negara bernama New Asian Union. Disitu ada sebuah organisasi bernama Fenrir yang memiliki tujuan untuk melindungi orang-orang dari ancaman monster bernama Aragami dengan bersenjatakan khusus bernama “God Arcs”.

Menariknya adalah serial ini merupakan sebuah adaptasi dari sebuah game dengan judul sama yang pertama kali dirilis pada tahun 2011. Bahkan gamenya sendiri sudah ada beberapa bagian yang dirilis. Dan yang paling baru adalah God Eater 3 yang tersedia untuk berbagai platform seperti PC, PS4, dan Nintendo Switch.

9. Vinland Saga

anime keren vinland saga

Sebenarnya anime ini merupakan pengecualian di daftar ini karena genrenya bukan dark fantasy, namun tetap saya rekomendasikan karena beberapa alasan. Salah satu hal yang membuat anime ini punya kemiripan dengan Attack on Titan adalah tokoh protagonisnya itu sendiri yang bernama Thorfinn, seorang Viking muda. Karakter ini memiliki banyak kemiripan dengan Eren di AOT karena sejak kecil Thorfinn adalah seorang bocah yang penuh ambisi dan ingin menjelajah dunia luar. Latar belakang serta pengembangan karakter utama di Vinland Saga juga mirip sehingga protaginis disini jadi terkesan anti hero, setidaknya pada season satu.

Selain itu bagi kamu yang merupakan penggemar AOT season 1-3 maka kamu akan suka dengan Vinland Saga karena diproduksi oleh studio yang sama yakni WIT. Cerita dan tema yang disuguhkan di serial ini juga tak kalah menarik karena selain bertema Viking juga memiliki kisah serius yang penuh plot twist.

8. Hellsing Ultimate

anime keren hellsing ultimate

Anime keren dengan genre fantasi gelap ini cukup pendek karena cuma beisi sepuluh episode saja. Tetapi tetap saja ini adalah salah satu anime vampire terbaik sepanjang masa. Plot cerita berfokus pada sebuah organisasi bernama Hellsing yang bertujuan untuk menghentikan kekuatan supernatural yang memangsa manusia.

Organisasi Hellsing memiliki pemimpin seorang wanita, namun yang jadi perhatian utamanya bukan si pemimpin melainkan vampir bernama Alucard. Dalam melakukan tugasnya sebagai agen Hellsing, Alucard dibantu oleh Seras Victoria yang merupakan manusia yang diubah menjadi vampir.

7. Tokyo Ghoul

anime keren tokyo ghoul

Yap, Tokyo Ghoul pada beberapa tahun lalu memang sempat dianggap Overrated oleh beberapa pecinta anime, tapi itu tidak menghentikan saya untuk memasukanya ke daftar ini. Protagonis anime keren ini layaknya Eren juga memiliki kekuatan hybrid manusia-monster yang dinamai Ghoul. Wujud itu juga suka memangsa manusia untuk bertahan hidup, bedanya kalau Titan berwujud raksasa sedangkan Ghoul cuma seperti manusia.

Kaneki sang protagonis mendapatkan kekuatan Ghoul berkat operasi dimana tubuhnya diberi implant organ-organ Ghoul. Dan setelah itu Kaneki mulai mempelajari bagaimana cara hidup dengan kondisi tubuh barunya itu.

6. Fullmetal Alchemist

anime keren fullmetal alchemist

Anime keren ini sudah sangat populer di kalangan pecinta anime bahkan menjadi salah satu anime dengan rating tertinggi yang pernah ada. Bagi orang yang masih asing dengan Fullmetal Alchemist pasti menduga kalau ini merupakan anime petualangan biasa jika dilihat dari artstyle nya. Kalau mereka tahu pasti tak menduga kalau anime yang sudah rilis sejak tahun 2003 ini tergolong dark fantasy.

Serial ini menceritakan tentang sepasang saudara laki-laki yakni Edward dan Alphonse yang pergi mencari sebuah batu bertuah untuk menghidupkan kembali ibu mereka. Dalam perjalanannya kakak beradik itu harus menghadapi banyak rintangan maut termasuk representasi dari tujuh dosa mematikan seperti iri dan keserakahan.

Oh iya, kalau kamu mengidolakan karakter Hange Zoe di AOT mungkin kamu juga akan menyukai Edward Elric karena dua karakter ini diisi suara oleh seiyuu yang sama yakni Romi Park. Kalau kamu mendengar Edward bicara pasti kamu akan teringat pada Hange dan begitu juga sebaliknya.

5. Shiki

anime keren shiki
binary comment

ini adalah anime ber-genre horror-misteri dengan total episode berjumlah 22 dan satu tambahan spesial episode. Latar belakang disini terjadi di sebuah desa kecil bernama Sotoba dimana seluruh penduduknya hidup dengan tenang dan damai, bahkan warga desanya tidak perlu mengunci pintu di malam hari karena saking amannya. Tapi semua berubah ketika ada sebuah kematian misterius yang kemudian merembet kepada warga desa yang mengalami gejala aneh berujung maut

Shiki memang tidak menonjolkan sisi aksi dan lebih fokus kepada elemen horror didalamnya maka dari itu tempo cerita disini terasa agak lambat. Dan lokasi nya didominasi oleh desa Sotoba itu sendiri layaknya yang terjadi pada AOT season 1 sampai 3. Untungnya progres yang terdapat pada Shiki termasuk bagus karena lama kelamaan cerita akan menjadi makin intens dan menegangkan.

4. Kabaneri of the Iron Fortress (Koutetsujou no Kabaneri)

anime keren

Jika melihat sekilas anime ini tersasa mirip sekali tampilanya dengan Attack on Titan season1-3 itu wajar karena Kabeneri of the Iron Fortress juga diproduksi oleh studio Wit. Sang protagonist dalam anime ini adala seorang perempuan dan laki-laki yang hidup pada jaman revolusi industri. Seperti AOT disini juga terdapat raksasa super tahan banting yang hanya bisa dibunih dengan cara menusuk jantungnya karena dilindungi oleh lapisan besi.

Raksasa tersebut juga bisa menginfeksi manusia dengan gigitannya, makhluk tersebut bisa menciptakan mayat hidup agresif yang dinamai Kabane. Bahkan salah satu karakter utama juga ada yang terinfeksi oleh monster ini namun hal itu malah membuatnya menjadi lebih kuat. Konsep seperti ini sepertinya cukup untuk membuat fans AOT senang walau tidak mirip serratus persen.

3. Claymore

claymore
binary comment

Diproduksi oleh studio Madhouse, Claymore adalah anime dark fantasy keren penuh aksi yang karakternya didominasi oleh para wanita. Ancaman utama disini adalah makhluk pemangsa yang disebut Yoma, ini sejenis iblis yang memiliki kekuatan, kecepatan, dan daya tahan diatas manusia normal. Selain gemar memakan orang, Yoma juga bisa menyamar menjadi manusia setelah memakannya plus bisa memiliki ingatan dan perilaku yang sama persis jika mereka ikut memakan otak manusia tersebut.

Penyamaran Yoma yang hampir sempurna itu sangat sulit dideteksi bahkan terbilang mustahil kecuali bagi seorang Claymore yang merupakan manusia setengah iblis. Para Claymore yang memiliki kekuatan untuk menandingi Yoma berjuang mati-matian sepanjang cerita. Tak cuma menampilkan aksi saja, jalan cerita protagonist dan karakter pendukung anime ini tergolong cukup menyedihkan.

2. Neon Genesis Evangelion

anime keren neon genesis evangelion

Ini adalah anime keren dengan genre mecha, disini mengisahkan tentang seorang anak lelaki bernama Shinji Ikari yang dipaksa menjadi pilot sebuah mecha bernama Eva. Fungsi utama Eva disini adalah untuk menghalau dan membasimi “Angel” yakni monster raksasa yang datang untuk menguasai bumi. Mungkin kamu heran kenapa anime mecha seperti ini saya rekomendasikan bagi fans AOT. Tapi bagi yang pernah menonton Neon Genesis Evangelion pasti paham kenapa.

Sebenarnya Neon Genesis Evangelion tak hanya anime mecha biasa karena disini akan disuguhkan psikodrama yang cukup untuk mempertanyakan hidup. Di awal cerita semua tampak seperti normal saja namun lama-kelamaan cerita akan menjadi lebih berat dengan menampilkan sisi psikologis para karakternya. Dan satu lagi, entah disengaja atau tidak, kalau kamu lihat AOT sebenarnya banyak mengambil referensi dari Evangelion contohnya akses masuk pilot Eva dan lokasi titan shifter dalam wujud titan sama-sama di tengkuk dan sebagainya.

Related Posts

1. Berserk

berserk Kentaro Miura

Ini adalah serial wajib bagi mereka yang menyukai genre dark fantasy dan bahkan versi manga-nya disebut sebagai salah satu manga seinen terbaik. Berserk mengisahkan tentang seorang pendekar pedang bernama Guts yang berlatar tempat di jama pertengahan. Yang membuat seri ini begitu digilai adalah karena ceritanya yang solid, drama yang mantap, memiliki plot twist disana sini dan masih ditambah dengan adegan aksi yang epik.

Kalau kamu pernah memainkan atau menggemari judul game Dark Soul’s atau Bloodborne kamu akan menjumpai beberapa karakter yang desainnya mirip. Karena wajar saja game-game itu mengambil banyak referensi dari Berserk bahkan Hidetaka Miyazaki sang pencipta game tersebut mengakui secara gamblang kalau gamenya terinspirasi dari Berserk.

Namun kabar duka datang dari seri ini dimana Kentaro Miura sang Author Manga Berserk harus tutup usia diumurnya yang telah menginjak 54 tahun pada 6 Mei 2021. Selain berduka atas kepergian sang Author, para fans juga sedih serialnya terancam batal lanjut. Tapi beberapa fans Berserk masih berharap assisten Miura bisa melanjutkan seri ini.

Penutup

Cukup itu saja judul anime keren yang bisa saya rekomendasikan untuk fans AOT, jika kamu punya rekomendasi anime lainya bisa ditulis di kolom komentar. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan