Apakah “Neon Genesis Evangelion” Perlu Ditonton? Ini Jawabannya [No Spoiler]

Neon Genesis Evangelion atau biasa disingkat “NGE” merupakan anime klasik yang dirilis tahun 1995 sampai 1996.

Ini merupakan serial anime garapan Sutradara “Hideaki Anno” yang sudah melegenda di kalangan para pecinta anime.

Sedikit sinopsis, NGE bercerita tentang kisah seorang anak laki-laki bernama Shinji Ikari yang direkrut oleh sebuah organisasi militer di bawah naungan PBB.

Organisasi tersebut bernama NERV yang juga dipimpin oleh ayah kandung Shinji yakni Gendo Ikari. Shinji ditugaskan untuk menjadi seorang pilot sebuah mecha bernama Evangelion hasil eksperimen ilmuan NERV.

Evangelion atau Eva, digunakan sebagai senjata untuk melawan monster raksasa yang disebut “Angel”, monster-monster tersebut datang ke bumi untuk membinasakan umat manusia.

Sebagai salah satu anime legendaris, nyatanya Neon Genesis Evangelion tidak terlalu populer di kalangan pecinta anime umum. Karena selain serial yang sudah berumur, cerita anime ini sendiri kurang cocok untuk sebagian besar orang.

Lalu permasalahanya sekarang, apakah anime ini layak untuk kamu tonton atau tidak?

Tenang saja untuk menentukan kamu ingin nonton anime ini atau tidak kamu cukup baca artikel ini sampai habis supaya tahu jawabanya.

Dan jangan khawatirkan tentang spoiler, karena saya tidak menyertakannya di bawah.

Hal Yang Menarik

1.  Merupakan Anime Original

Jika sebagian besar anime populer merupakan adaptasi dari sebuah manga. Maka untuk serial kali ini berbeda, karena ini merupakan salah satu anime original dimana tidak diadaptasi dari sebuah manga ataupun light novel.

Seperti yang saya singgung diatas ini serial ini merupakan karya dari Hideaki Anno yang merupakan salah satu Sutradara terkemuka di Jepang. Jadi untuk kualitas cerita bisa dipastikan diatas rata-rata.

Karena ini bukan merupakan adaptasi, jadi semua cerita yang ada di serial NGE adalah 100% cannon atau asli. Dengan ini kamu tidak perlu repot-repot membaca versi manga untuk mencari-cari adegan atau bagian yang tidak ditampilkan.

Dan juga bagi bagi penyuka “Anime Only” hal ini merupakan sesuatu yang tidak boleh dilewatkan.

2.  Latar Belakang yang Menarik

Sebenarnya cukup sulit untuk menjelaskan sebuah latar belakang tanpa memasukan spoiler, tapi akan saya jelaskan intinya saja.

Latar belakang cerita ini berada pada dunia yang telah melalui sebuah bencana besar. Atau singkatnya tema yang dipakai adalah “Post Apocalypse” atau kehidupan setelah bencana.

Manusia bumi yang selamat dari bencana sebelumnya berupaya untuk mencegah datangnya bencana selanjutnya yang berpotensi memusnahkan umat manusia. Salah satu awal dimulainya bencana adalah kemunculan Angel yang silih berganti.

Dan sebagai pelindung bumi, tugas NERV tentu saja untuk mengalahkan monster yang dijuluki Angel tersebut. Dengan mengandalkan berbagai senjata modern termasuk Eva.

Yang menarik disini adalah meski bertema post apocalypse, teknologi yang ada di bumi tidak lenyap sepenuhnya. Dan malah mereka yang selamat berlomba-lomba menciptakan teknologi masa depan untuk keberlangsungan hidup manusia.

Ini terlihat dari banyaknya gedung-gedung futuristik dan fasilitas modern lainnya. meski beberapa reruntuhan masih terlihat di beberapa sudut kota

3.  Menampilkan Mecha yang Keren

Mecha dalam NGE yang disebut Eva ini merupakan pertunjukan utamanya. Karena memiliki desain yang unik dan ramping serta dibekali kemampuan yang bervariasi. Membuat pertarungan Eva melawan Angel menjadi lebih seru untuk ditonton.

Bahkan ada beberapa orang sangat tergila-gila dengan desain Eva meski mereka tidak menonton serial animenya.

Salah satu Eva ikonik adalah yang dikendarai Shinji Ikari yakni Eva 01 yang berwarna ungu.

Menariknya lagi selain menceritakan sang tokoh utama, anime ini juga banyak menceritakan tentang misteri Eva itu sendiri. Seperti bagaimana mereka dibuat, fungsi utama mereka dan kenapa mereka hanya bisa dikendarai orang tertentu dan masih banyak lagi.

4.  Plot yang Tidak Umum

Dilihat dari segi plot, jika dibandingkan anime mecha sejenis, NGE menghadirkan plot yang tidak seperti pada umumnya.

Meski anime ini sekilas hanya menampilkan pertarungan antara Eva dengan Angel, ternyata memiliki cerita yang lebih dalam.

Selain aksi, kamu akan dibawa untuk melihat kisah dari beberapa karakter penting selain tokoh utama.

Misteri seputar dunia, Angel dan Eva akan diekspos seiring berjalanya cerita, hal ini akan membuatmu akan semakin penasaran dengan jalan cerita selanjutnya. Hingga selanjutnya kamu dihadapkan dengan ending yang tidak bisa kamu ungkapkan dengan kata-kata.

5.  Perpaduan Action dan Psychological yang Sempurna

Aksi dan psikologi sepertinya merupakan dua hal yang bertentangan, namun Hideaki Anno mampu memadukan keduanya dengan sempurna.

Ya, sebenarnya selain aksi, salah satu elemen yang paling disoroti dari anime ini adalah tema psychological-nya yang membuat orang bertanya-tanya.

Hal ini dikarenakan sang karakter harus menanggung beban mental yang tinggi ketika mengendarai Eva. Tidak hanya karakter utama saja, karakter lain juga memiliki masalah kehidupannya sendiri-sendiri. Sehingga kita akan sering melihat isi pikiran yang kompleks dari sebagian karakter.

Dan menariknya masalah mereka akan diungkap seiring berjalanya cerita. Dan itu sekaligus akan memberikanmu jawaban atas tindakan yang dilakukan beberapa karakter tersebut.

Kekurangan Neon Genesis Evangelion

Meski disebut sebagai salah satu anime legendaris yang memiliki banyak hal menarik, anime ini masih memiliki sedikit kekurangan diantaranya.

1.  Minim Aksi

Genre mecha tentu saja erat kaitanya dengan aksi yang memukau.

Namun sayangnya bagi kamu yang mengharapkan aksi pertarungan epik Eva melawan Angel mungkin agak kecewa.

Karena walaupun ada elemen aksi di dalamnya porsinya cukup minim sebab adegan pertarungan lumanyan singkat. Kamu nanti akan sering melihat Angel dikalahkan dengan beberapa langkah saja dan biasanya hanya berlangsung satu episode saja.

Begitupun dengan karakternya yang lebih banyak menampilkan sisi kejiwaannya dibanding beraksi.

Selain itu porsi drama yang lumayan banyak kemungkinan akan membuat pecinta aksi tertidur jika melihatnya.

2.  Plot yang Agak Repetitif di Awal

Soal plot anti mainstream yang saya bahas tadi memang benar adanya. Tetapi sebelum mencapai itu kamu akan lebih dulu dihadapkan dengan plot yang agak repetitif atau sering diulang-ulang.

Pada sekitar seperempat atau hampir setengah keseluruhan cerita terasa seperti mengulang formula cerita dari episode sebelumnya.

Bahkan kamu yang sering menonton anime atau film akan dengan mudah menebak hal apa yang akan terjadi selanjutnya. Dan mungkin bisa saja membuat kamu bosan dan tidak tertarik untuk melanjutkan seri ini lagi.

Tapi kalau kamu sabar, kamu nanti akan tahu kualitas sebenarnya dari NGE.

3.  Ending yang Kurang Bisa Dicerna

Apa yang kamu harapkan dari ending cerita anime ini? Happy ending? Sad ending? Ending yang menggantung?

Ending Neon Genesis Evangelion adalah hal yang paling sering diperdebatkan di kalangan penggemar. Alasanya karena endingnya sendiri susah untuk diungkapkan dengan kata-kata.

Ada yang dibuat kecewa dan ada juga yang puas, tapi yang dibuat pusing lebih banyak. Sebab kamu bisa saja kecewa dengan endingnya entah kamu mengharapkan happy atau sad ending.

Tapi yang pasti endingnya sendiri sama sekali tidak menggantung seperti kebanyakan cerita misteri.

Kesimpulan:

Anime ini sangat cocok untuk kamu yang:
  • Penggemar mecha anime
  • Pecinta fiksi ilmiah (sci-fi)
  • Suka dengan genre psychological
  • Bosan dengan plot mainstream
  • Tidak mempermasalahkan ending
Dan kurang cocok untuk kamu yang:
  • Penggemar anime full action/superpower
  • Mudah bosan
  • Ingin cari anime yang santai
  • Berharap terlalu banyak pada sebuah ending

Saya harap kamu bisa menyimpulkan sendiri “mau atau tidak” menonton serial ini. Tapi semisal kamu masih bingung sepertinya kamu harus mencoba menonton satu atau dua episode awal supaya bisa merasakannya sendiri.

Tinggalkan Balasan