Attack on Titan: Rangking Kekuatan 9 Titan Saat Ini

Attack on Titan: Rangking Kekuatan 9 Titan Saat Ini

Di anime atau manga Attack on Titan, kita tahu bahwa selain titan tak berakal ada 9 titan spesial yang memiliki kemampuan unik. 9 titan tersebut berasal dari Founding Titan Ymir pertama 2000 tahun lalu. Kemudian kekuatannya terpecah menjadi 9 kekuatan titan dan diwariskan melauli ras Eldia selama 2000 tahun.

Ya, memang benar kalau kekuatan 9 titan itu tergantung pada kekuatan pewarisnya. Jika si pewaris adalah orang yang kuat maka titan tersebut akan memiliki tenaga yang besar dan sebaliknya.

Tapi walaupun begitu, selama mengikuti seri Attack on Titan ini saya masih menemui perbedaan kekuatan yang cukup jelas. Perbedaan tersebut memotivasi saya untuk mencari tahu lebih lanjut tentang kekuatan 9 titan dan mengurutkanya dalam daftar rangking.

“peringatan! Bagi kamu yang baru nonton anime Attack on Titan season 3 kebawah, postingan ini terdapat banyak spoiler. kalau kamu nekat scroll ke bawah saya tidak melarang tapi resiko harap tanggung sendiri.”

9. Cart Titan

Ada banyak alasan kenapa titan ini menjadi yang terlemah diantara lainya. Karena kemampuan bertarung Cart titan tidak dapat diandalkan jika melawan titan shifter lainnya. Tubuh titan ini termasuk kecil dan juga kemampuan regenerasi yang sangat lambat sampai-sampai membuat penggunannya yakni Pieck Finger harus menggunakan tongkat berjalan seusai perang.

Tentu di balik kekurangan pasti masih ada kelebihan. Cart Titan boleh saja menjadi yang terlemah tetapi dalam urusan support, titan ini paling bisa diandalkan. Sebut saja kemampuannya untuk mempertahankan wujud titan yang dapat bertahan selama sebulan tanpa berubah. Dan juga cara berjalannya yang merangkak memungkinkan Cart Titan untuk membawa logistik atau dipasangi berbagai macam senjata seperti meriam dan senapan mesin.

8. Jaw Titan

Pengguna kekuatan Jaw Titan yang sudah diketahui sejauh ini adalah Ymir dan Porco Galliard. Titan ini tergolong memiliki kelincahan yang tinggi serta kecepatan berlari yang bagus. Selain itu seperti namanya, kekuatan utama Jaw Titan terletak pada rahangnya yang super kuat dan mampu menghancurkan berbagai benda.

Sayangnya kemampuan hebat tersebut tidak dibekali fisik yang kuat. Wujudnya sangat kecil membuat si pengguna lebih beresiko jika terkena serangan langsung. Dan juga serangannya yang hanya mengandalkan rahang membuat titan ini tidak bisa berbuat banyak saat bertarung.

Related Posts

7. Beast Titan

Sebenarnya Beast Titan tidak selalu berwujud kera seperti di atas. Wujud titan ini bisa mengadopsi bentuk binatang lain seperti rusa atau burung tergantung orang yang mewarisinya. Sepertinya tidak dijelaskan secara spesifik kenapa wujud jenis hewan Beast Titan bisa berbeda antara orang satu dan lainnya. Dan alasan Beast Titan versi Zeke Jaeger ini berwujud kera kemungkinan hanya kebetulan belaka.

Dalam hal kekuatan saya tidak yakin kalau titan ini memiliki kekuatan yang besar. Entah pertahanan atau serangan sepertinya titan ini tidak bisa berbuat banyak ketika pertarungan jarak pendek. Hal ini terbukti ketika Kapten Levi dapat dengan mudah mengalahkan Zeke seorang diri. Tapi meskipun begitu kita tentu setuju kalau kemampuan melempar Beast Titan yang jauh nan akurat sangatlah mengerikan.

6. Warhammer Titan

Adalah titan yang memiliki kemampuan untuk menciptakan berbagai struktur dari teknik pengerasan. Pewaris Warhammer Titan sendiri adalah salah satu anggota keluarga Tybur yang tidak diketahui identitasnya. Dengan kemampuan tersebut Warhammer Titan mampu menciptakan berbagai senjata seperti tombak dan crossbow.

Selain itu si pengguna bisa mengendalikan Warhammer dari dalam tanah lewat jaringan yang terhubung. Tapi kemampuan ini bagai pedang bermata dua, soalnya di satu sisi wujud titan akan bankit kembali meski tengkuknya hancur. Di sisi lain si pengguna menjadi terekspos dan menjadi sasaran empuk musuh meski si pengguna tersebut sudah melindungi dirinya dengan kristal titan.

5. Female Titan

Titan ini memiliki kemampuan yang seimbang baik dari segi pertahanan maupun daya serang. Postur Female Titan yang proposional membuat sang pengguna Annie Leonhart dapat dengan mudah menerapkan kemampuan seni bela diri dalam wujud titan. Dalam urusan berlari, titan ini adalah juaranya karena dia dapat berlari dengan kecepatan tinggi dengan durasi yang cukup lama.

Kekuatan titan ini memang tidak diragukan lagi. Bahkan orang terkuat di Survey Corps yaitu Levi Ackerman agak kewalahan ketika menangani titan ini.

Menurut informasi yang saya dapatkan, wujud titan ini tidak terpengaruh oleh gender orang yang memakainya. Jadi apabila ada seorang pria yang mewarisi Female Titan maka wujud perubahannya akan tetap tampil seperti seorang wanita.

4. Titan Zirah/Armored Titan

Selanjutnya ada Plot Armor Armored Titan yang merupakan titan favorit saya. Tubuh Titan Zirah yang keras membuatnya dapat dengan mudah menghancurkan dinding atau pintu apapun. Bahkan tembakan meriam biasa tidak bisa menggores lapisan zirah yang sekeras lempengan besi tersebut

Walaupun pergerakan dan mobilitas Armored Titan tergolong tidak istimewa, titan ini memiliki tenaga yang super besar. Karena titan ini dapat dengan mudah melemparkan titan murni yang hampir seukuran dengan tubuhnya hanya dengan satu tangan saja. Belum lagi pertahanannya yang sangat tangguh membuat Reiner Braun si pewaris dapat lolos dari maut berkali-kali.

3. Titan Penyerang/Attack Titan

Sebenarnya saya bisa saja menempatkan Attack Titan ke urutan pertama jika kita membahas potensi penuh dari titan ini. Tetapi berhubung daftar ini memuat tentang kekuatan murni 9 titan saja maka saya rasa menempatkan Attack Titan di urutan 3 adalah pilihan yang tepat. Dan juga pada chapter manga terbaru menunjukan kalau titan ini sudah tidak bisa dibilang sebagai Attack Titan lagi melainkan sudah menjadi Founding Titan.

Pengguna Attack Titan yang sudah diketahui sejauh ini adalah Eren Kruger, Grisha Jaeger dan Eren Jaeger. Sesuai namanya titan ini dibekali kemampuan menyerang yang baik dan pergerakan yang cukup lincah. Bahkan Armored Titan yang memiliki tubuh sekeras baja pun mampu dipojokan oleh Attack Titan berkali-kali.

2. Colossal Titan

Selanjutnya adalah Colossal Titan yang juga merupakan ikon dari seri anime ini. Menempatkan titan ini sebagai titan terkuat kedua saya rasa tidak berlebihan dan malah sangat pas. Karena Colossal Titan memiliki daya hancur yang tinggi hingga titan ini dijuluki sebagai dewa kehancuran. Hal itu memang wajar mengingat efek transformasinya saja dapat menimbulkan ledakan besar yang dapat menghancurkan sebuah desa.

Pada saat awal seri pengguna Colossal Titan adalah Bertholdt Hoover dan kemudian diambil alih oleh Armin Arlert. Baik Bertholdt maupun Armin keduanya mampu mengendalikan kekuatan Colossal dengan cukup baik meski ukuran titan ini sangat besar. Walaupun titan ini memiliki kekuatan yang besar, titan ini tidak bisa digunakan terlalu lama karena sangat menguras energi sang pengguna.

1. Founding Titan

Tentu saja ini titan terkuat di seri Attack on Titan karena Founding Titan adalah perintis dari seluruh titan. Sebagai perintis tentu kekuatannya tidak bisa diragukan lagi dan akan menjadi hal yang lucu bila tidak menempatkan titan ini di urutan pertama. Teriakan pengguna Founding saja bisa mengubah subjek Ymir menjadi titan murni sekaligus dapat mengontrolnya.

Selain itu titan ini dapat mengubah memori dari subjek Ymir, tapi hanya jika si pengguna adalah keturunan bangsawan atau dalam kontak dengan kerurunan bangsawan tersebut. Kekuatan paling mengerikan Founding adalah dapat membangunkan seluruh pasukan titan collosal tembok dan menggunakan mereka sebagai senjata pemusnah masal atau disebut “Rumbling”.

Tinggalkan Balasan