Attack on Titan Season 4 Review Indonesia [5 Episode Awal]

Attack on Titan Season 4 Review Indonesia [5 Episode Awal]

“review singkat Attack on Titan Season 4”

Jujur saat pertama kali menonton AOT, saya kira ini adalah anime mainstream yang menceritakan tentang seorang pemuda yang ingin membantai para titan demi membalaskan dendam. Tetapi setelah saya tonton lebih jauh, anggapan tersebut seketika hilang dan saya malah makin menyukai seri ini.

Oke sudah cukup cerita pengalamanya, sekarang saya ingin langsung saja memberikan sedikit ulasan mengenai Attack on Titan Season 4.

“bagi yang belum tahu, WIT studio sudah tidak menggarap seri ini dan produksi season 4 kini dipercayakan oleh MAPPA studio”

. Scene/adegan

Di anime tidak ada adegan yang 100% sama persis dengan versi manga begitu juga dengan AOT. Meski adegan di dalam anime AOT s4 dibuat seakurat mungkin dengan versi manga, terdapat beberapa scene yang berubah.

Dan bahkan ada adegan yang hilang atau tidak diadaptasi di versi anime. salah satunya adalah adegan flashback titan wanita saat ikut membantu penyerangan di distrik Shiganshina.

Tapi meskipun begitu pengubahan dan pengurangan beberapa adegan tidak terlalu berdapmpak pada plot cerita itu sendiri.

. Grafis

Ini adalah hal yang paling sering diperdebatkan di kalangan penggemar. Ada yang bilang kalau grafis buatan WIT berkali-kali lipat lebih baik daripada versi MAPPA dan sebaliknya.

Untuk menilai grafis tentu ada beberapa elemen yang perlu diperhatikan seperti di bawah ini.

  • Warna:

Kalau Attack on Titan buatan WIT menggunakan palet warna yang cukup cerah sedangkan untuk vesi MAPPA terlihat sedikit lebih gelap. Warna yang sedikit suram saya rasa cocok untuk mempresentasikan cerita season 4 yang makin serius.

  • Pencahayaan:

Dengan tema yang sedikit gelap tentu saja pencahayaan dibuat lebih redup pada season ini. Berbeda dengan 3 season sebelumnya dimana kita bisa melihat dengan jelas sinar matahari yang cerah di siang hari.

Dan saya sendiri lebih suka pencahayaan versi WIT karena bisa membuat penampilan titan benar-benar terlihat besar.

  • Detail:

Di season ini penggambaran karakter dan lainya dibuat lebih detail dari season sebelumnya dan kamu akan langsung menyadarinya begitu melihat episode pertamanya.

  • Art style:

Anime yang mempresentasikan gaya penggambaran sang mangaka memanglah bagus. karena selain membuat anime terlihat autentik juga menghargai seni dari mangaka itu sendiri.

Di seri ini penampilan karakter terlihat identik dengan versi manga walaupun ada beberapa yang dirubah agar lebih mendapatkan kesan yang kuat. Contohnya desain Attack Titan MAPPA yang dibuat lebih seram dengan bentuk gigi lebih runcing dari versi manga.

. Animasi

Sama halnya dengan studio WIT, MAPPA mengandalkan teknik 2D murni dan CGI dalam animasinya. Yang paling disoroti Attack on Titan S4 ini adalah kualitas animasi CGI, karena fans khawatir kualitasnya lebih rendah dari season sebelumnya. Hal itu wajar, karena kalau kita lihat di 3 season sebelumnya terlihat jelas animasi CGI pada beberapa titan sangat terlihat dan tidak menyatu dengan latar belakangnya.

Lalu bagaimana dengan MAPPA?

Sejauh yang saya lihat penggunaan CGI season ini cukup baik karena pada beberapa scene animasi CGI terlihat padu dengan background. Dan juga ada beberapa scene yang tidak disadari merupakan hasil animasi CGI.

Kesimpulan

Perubahan studio tidak membuat kualitas Attack on Titan Season 4 menjadi menurun dan malah ada beberapa elemen lebih yang tidak dihadirkan pada season sebelumnya. Kualitas season ini pun bisa dikatakan sangat baik tidak seperti yang hater gembar-gemborkan di media sosial.

Tinggalkan Balasan