AOT: Keistimewaan “Titan Zirah” Dibanding Titan Lainnya

AOT: Keistimewaan “Titan Zirah” Dibanding Titan Lainnya

Di dalam anime dan manga Shingeki no Kyojin atau Attack on Titan terdapat satu kekuatan utama. Kekuatan tersebut adalah kemampuan untuk bisa berubah menjadi makhluk humanoid raksaksa yang disebut dengan “Titan”. Tapi tidak semua orang bisa berubah menjadi Titan karena hanya orang ras keturunan Eldia saja yang diberkahi untuk bisa mewarisi kekuatan ini.

Sayangnya jika seseorang diubah menjadi Titan maka orang itu akan kehilangan akalnya dan tidak akan bisa kembali menjadi manusia normal lagi. Tapi ada suatu pengecualian kepada orang yang mewarisi salah satu dari kekuatan 9 Titan utama. Orang tersebut memiliki kebebasan untuk bisa berubah menjadi titan dan kembali menjadi manusia normal sesuka hati. Dan orang yang mewarisi kekuatan spesial itu disebut dengan “Titan Shifter”.

Di serial AOT terdapat berbagai macam titan shifter, mereka memiliki bentuk dan kemampuan masing-masing. Ada diantara mereka yang memiliki kemampuan berlari yang cepat ada juga yang memiliki kemampuan untuk meledakan sebuah desa. Dan ada juga yang memiliki lapisan pelindung tubuh yang disebut dengan Armored Titan atau Titan Zirah.

Bicara soal Titan Zirah, kali ini saya akan membahas mengenai apa saja keunikan dari Titan yang diwarisi oleh Reiner Braun tersebut. Tanpa panjang lebar lagi langsung saja scroll ke bawah.

Rival utama Attack Titan sepanjang seri

Attack Titan adalah kekuatan titan yang diwarisi oleh sang protagonis Eren Jaeger. Kekuatan Titan ini cukup seimbang dari segala aspek. Namun kemampuan yang paling hebat dari titan ini adalah mampu melihat kilasan masa depan dari penerusnya. Hal ini pernah dialami oleh Eren Kruger yang kala itu mendapat penglihatan tentang memori masa depan Eren Jaeger secara tidak sengaja.

Jika ada protagonis tentu ada rival yang akan selalu mencoba menumbangkan satu sama lain. Dan disini sang rival utama dari Attack Titan adala Titan Zirah. Reiner Braun sebagai pewaris kekuatan titan ini merupakan keturunan orang Eldia yang lahir dan dibesarkan di negara Marley. Karena di negara itu orang Eldia jadi orang yang tertindas akibat dendam masa lalu, menyebabkan masa kecil Reiner menjadi berat.

Tak jauh beda dengan cita-cita Eren yang ingin merasakan kebebasan dunia luar tanpa titan. Reiner pun juga ingin merasakan dunia dimana orang Eldia tidak lagi ditindas dan direndahkan. Untuk itulah dia bergabung dengan program seleksi pejuang kandidat untuk mengabdi kepada negara Marley dan mencoba menebus kesalahan kaumnya dimasa lalu.

Setelah Reiner berhasil terpilih menjadi pewaris Titan Zirah diapun langsung dikirim ke negara Paradis untuk melakukan misi penyusupan bersama titan shifter Marley lainnya. Naas, Marcel Galliard secara mengenaskan tewas dimakan oleh seekor titan yang tertidur di dalam tanah. Reiner yang kala itu tidak kuasa melihat temannya mati merasa putus asa dan ingin segera menyelesaikan misinya.

Dengan tidak didasari dengan perencanaan yang matang Reiner, Annie dan Bertholdt langsung menuju Shiganshina dan mendobrak tembok mereka. Ini seperti Reiner membangkitkan rival utamanya sendiri karena seperti yang kita tahu kejadian itulah yang membuat Eren berambisi untuk mengalahkan semua titan dan apapun yang mengancam paradis.

Akibat ulah Reiner sendiri kini dia harus berurusan dengan Attack Titan Eren sepanjang seri dari awal hingga akhir. Jika ditotal ada sekitar 5 kali pertarungan antara Attack Titan dengan Titan Zirah.

Titan dengan tingkat survivabilitas terbaik

Sesuai namanya, Titan ini memang memiliki pertahanan yang paling tinggi diantara titan lain. Dengan mengandalkan zirahnya yang keras dan tebal Reiner mampu menghadang tembakan meriam dan mampu mendobrak gerbang dengan mudah.

Zirah yang dimiliki titan ini juga sangat menguntungkannya ketika menghadapi Attack Titan beserta pasukan pengintai. Berkat perlindungan ekstra Reiner dapat menahan pukulan Titan Eren serta kebal terhadap tebasan pedang pasukan pengintai tanpa menggunakan teknik pengerasan. Ini menjadikan Titan Zirah sebagai titan yang memiliki tingkat ketahanan terbaik.

Related Posts

Titan Zirah punya plot armor tertebal

Plot armor (keberuntungan suatu karakter yang terlalu dipaksakan oleh pengarangnya) dari Titan Zirah ini setebal zirahnya dan mungkin lebih tebal dibandingkan protagonis itu sendiri. Di dalam seri kita sudah sering kali melihat Reiner selalu selamat dari maut yang mengancam nyawanya. Titan Zirah ini seperti tidak bisa mati entah itu ditembak meriam, dihajar Attack Titan, diledakan dengan tombak petir, bahkan masih bisa selamat dari ledakan Titan Kolosal.

Dan satu lagi yang membuat fans yakin kalau Reiner memiliki plot armor paling tebal diantara lainya adalah ketika kepalanya hancur tapi masih bisa hidup dan pulih tanpa kehilangan kesadaranya. Meski kejadian itu cukup bisa dijelaskan, tetap saja ini seperti ketika kamu melakukan cheat di sebuah game.

Reiner si pewaris Titan Zirah adalah karakter favorit sang Author

Tak hanya para fans-nya yang memiliki satu atau beberapa karakter favoritnya sendiri, Hajime Isayama sang Author sendiri juga memiliki karakter favoritnya sendiri. Isayama pernah menyebutkan kalau pada awalnya karakter favoritnya adalah Jean Kirstein namun lama kelamaan dia lebih memfavoritkan Reiner Braun, comicbook.com

Ketikan fans mengetahui hal tersebut mereka langsung menyimpulkan alasan kenapa Reiner memiliki plot armor tebal adalah karena ini merupakan karakter favorit dari sang Mangaka sendiri. Hal ini menurut saya wajar dan sedikit dapat dimaklumi karena siapa juga yang mau karakter favoritnya mati di cerita?

Tinggalkan Balasan