JJBA: 9 Stand Terkuat yang Muncul di JOJO Part 6

Ini adalah daftar Stand terkuat di Jojo Part 6

Sejak pertama kali diperkenalkan pada seri Stardust Crusaders konsep Stand mejadi salah satu daya tarik utama di dalam manga dan anime Jojo’s Bizarre Adventure. Pada awalnya kekuatan Hamon menjadi satu-satunya kekuatan utama di Jojo Part 1 dan 2 kemudian pada part ke 3 kekuatan Stand muncul sebagai perwujudan energi kehidupan seseorang. Konsep ini juga membuat jalan cerita lebih seru karena berbeda dengan kekuatan Hamon yang pengaplikasianya yang terbatas dan kurang variatif. Stand lebih menarik karena memiliki kemampuan yang bervariasi satu sama lain dan memiliki bentuk yang beragam.

Sejak Jojo Part 3 konsep Stand masih terus dipakai hingga Part 6 atau disebut juga Stone Ocean. Di Jojo Part 6 ini kemampuan Stand yang muncul lebih kompleks dari seri sebelumnya. Dan bahkan diantaranya memiliki kekuatan overpower yang cukup mustahil dinalar dengan akal. Karena kekuatanya yang bervariasi tentu tidak semua Stand memiliki kekuatan tinggi dan sebaliknya serta hanya segelintir orang saja yang memiliki Stand dengan kekuatan luar biasa.

Mungkin kamu sudah membaca Jojo Part 6 sampai habis tetapi apakah kamu masih ingat Stand apa saja yang tergolong Stand terkuat? Nah, untuk itu kali ini saya sudah merangkum daftar Stand terkuat yang muncul di Jojo Part 6, oke langsung saja simak daftarnya di bawah ini.

9. Stone Free

Stone Free merupakan Stand dari protagonis Stone Ocean yakni Jolyne Cujoh. Pasti kamu sudah tahu kalau kekuatan utama dari Stand ini adalah benangnya yang serba guna. Ya, Stone Free adalah salah satu stand petarung yang memiliki pukulan yang lumayan menyakitkan. Jika biasanya Stand petarung memiliki jarak serang yang pendek dan terbatas maka hal ini pengecualian bagi Stone Free milik Jolyne. Karena Stone Free bisa mengubah dirinya menjadi benang yang sangat panjang untuk menjangkau musuh atau lokasi tertentu yang sulit dijankau.

Soal kemampuan bertarung Stone Free juga tidak bisa dianggap remeh sebab pukulanya cukup keras dan cepat. Kekuatan ini kemungkinan karena Jolyne merupakan putri dari Jotaro Kujo sang protagonis utama Jojo Part 3. Tetapi kalau dibandingkan dengan Star Platinum milik Jotaro, kemampuan Stone Free sangat jauh lebih lemah karena daya hancurnya tidak terlalu tinggi. Tapi untungnya kekuatan benang yang dimiliki Stone Free dapat mengatasi berbagai musuh yang dihadapi Jolyne dengan mengandalkan strategi.

8. Jumpin’ Jack Flash

Selanjutnya adalah Stand milik Lang Rangler, Stand yang dinamai Jumpin’ Jack Flash ini kemampuan bertarungnya cukup mengerikan meski kekuatanya tidak seberapa jika dipakai adu jotos. Kemampuan spesial Stand ini adalah bisa menghilangkan gravitasi sehingga Lang Rangler bisa membuat orang lain menjadi pusat gravitasi nol. Kemampuan ini akan sangat menyusahkan lawan karena yang terkena kekuatan ini akan melayang layang karena kehilangan gravitasi.

Selain itu jika lawan yang terkena gravitasi nol menyentuh benda lain maka benda tersebut juga akan kehilangan gravitasi. Jumpin’ Jack Flash juga bisa menyebabkan udara disekitar lawan kehilangan bobot sehingga terciptalah ruang hampa udara. Di dalam ruang hampa itu apapun yang mengandung udara berpotensi meledak jadi jika ada orang atau hewan masuk ke ruang hampa maka darahnya akan mendidih. Lang yang merupakan orang yang pandai strategi menjadikanya lawan yang sangat mematikan.

7. Underworld

Pengguna Underworld adalah Donatello Versus yang merupakan salah satu putra DIO. Stand ini jadi salah satu yang paling menarik di serial Jojo. Jika Stand ini dipaksa untuk bertarung secara langsung maka Underworld akan dengan mudah dikalahkan karena kekuatan fisiknya sangat lemah. Tapi yang membuatnya menakutkan adalah kemampuan spesialnya untuk bisa memunculkan kejadian masa lampau dalam bentuk nyata. Sehingga kemampuanya sangat cocok untuk menjebak lawan.

Underworld dapat memunculkan kejadian apapun yang sebelumnya telah terjadi di suatu lokasi. Prinsip ini didasarkan bahwa tanah memiliki ingatan tentang segala sesuatu yang telah terjadi di atasnya. Misalnya jika tempat itu pernah terjadi suatu kecelakaan pesawat maka Underworld bisa memunculkannya lagi secara nyata. Dan orang yang dikirim ke dalam ingatan masa lalu akan mengalami hal yang sama persis dengan kejadian di dalam ingatan tersebut. Ini juga bisa menjadi cara terbaik seseorang untuk mengumpulkan informasi penting.

6. Jail House Lock

Miu Miu adalah pengguna Jail House Lock, Stand ini memiliki desain yang sangat unik dengan sesuatu mirip otak yang muncuk di kepalanya. Miu Miu adalah salah satu Stand User kebanggaan Enrico Pucci sang Pastor. Karena kemampuanya yang efektif untuk mencegah pengguna stand kabur dari penjara dan mencegah berbagai macam gangguan dari luar.

Kemampuan dari Jail House Lock boleh dibilang salah satu yang paling menyebalkan. Stand ini menyerang dengan cara memberikan gangguan ingatan pada lawanya. Saat kemampuannya aktif musuh yang terkena tidak akan bisa mengingat lebih dari 3 hal sekaligus. Dan parahnya Miu Miu memberi musuhnya informasi lain supaya ingatan penting musuhnya tertumpuk dan hilang. Salah satu cara yang dapat dilakukan ketika melawan Jail House Lock adalah menulis semua ingatan penting sebelum hilang. Tapi meski begitu cara ini masih sangat susah untuk dilakukan mengingat Miu Miu cukup pintar.

5. Bohemian Rhapsody

Selanjutnya ada Bohemian Rhapsody yang merupakan Stand dari salah satu putra DIO yakni Ungaro. Stand ini kuat namun penggunanya kurang berpotensi karena Ungaro sendiri tidak menyadari kekuatannya sampai dia bertemu dengan Pucci. Secara penampilan Bohemian Rhapsody tidak memiliki bentuk fisik yang pasti. Ini juga merupakan salah satu Stand jarak jauh yang tidak memiliki kekuatan fisik tinggi namun memiliki kemampuan yang merepotkan lawanya.

Bohemian Rhapsody tidak memiliki bentuk asli dikarenakan kemampuanya yang bisa berubah bentuk. Tapi bentuknya hanya bisa tampil dalam wujud tokoh fiksi seperti karakter film atau kartun. Dan jika lawan yang melihatnya sudah dalam bentuk tokoh fiksi maka dipastikan lawan itu sudah terseret ke dalam cerita. Dan ketika jiwa lawan sudah masuk ke dalam cerita maka lawan tersebut akan mengalami nasib yang serupa dengan karakternya.

Yang menarik adalah Bohemian Rhapsody bisa mewujudkan karakter fiksi kreasi semua orang bahkan lawan. Maka dari itu untuk bisa mengalahkan Stand ini cukup menciptakan karakter fiksi dengan kemampuan yang bisa menghentikan kemampuan Stand ini. Hal yang patut disayangkan adalah Ungaro tidak bisa memanfaatkan kekuatanya secara maksimal karena jika dilihat dari kemampuan, Stand ini seperti tak ada batasnya.

4. C-Moon

C-Moon merupakan Stand yang dimiliki oleh Enrico Pucci sang villain utama di Jojo Part 6. Ini adalah wujud evolusi dari Stand Pucci sebelumnya yaitu White Snake. Berbeda dari White Snake yang kemampuan utamanya mencuri jiwa dan stand lawan, kemampuan utama C-Moon adalah bisa memanipulasi gravitasi di sekitarnya. Selain itu kekuatan fisiknya yang luar biasa membuat C-Moon menjadi salah satu Stand petarung tingkat tinggi yang siap diajak adu jotos. Tiap pukulan C-Moon memiliki daya rusak yang tinggi sehingga melawannya dalam jarak dekat bukan ide yang bagus.

Dalam jarak jauh C-Moon masih bisa mengganggu lawan dengan kemampuan gravitasi terbalik dengan Pucci sebagai pusatnya. Pada radius 3 kilometer semuanya akan terlempar menjauh dari Pucci seolah-olah seperti jatuh dari tebing. Dan jika benda yang terlempar melebihi radius maka gaya gravitasi akan menjadi normal kembali.

Salah satu hal yang paling mematikan dari C-Moon adalah kemampuan “Inversi Permukaan”. Dengan kemampuan ini C-Moon bisa mengubah gaya gravitasi yang bekerja pada suatu benda dengan menyentuhnya dengan tinjunya. Benda yang terkena serangan ini akan menerima efek gravitasi yang mengarah keluar. Misalnya bila mengenai permukaan badan maka kulit akan terkelupas kemudian daging dan seterusnya hingga hancur seluruhnya, benar-benar Stand yang destruktif.

3. Weather Report

Weather Report merupakan Stand dari pengguna dengan nama yang sama. Kenapa nama stand ini bisa sama dengan penggunanya? ini karena alasan si pengguna tersebut mengalami amnesia yang mengakibatkannya tidak bisa mengingat nama asli nya sendiri. Weather si pengguna juga memiliki kebiasaan aneh yakni selalu berjinjit ketika berjalan dan lebih banyak diam seribu bahasa. Kemampuan Stand ini cukup kuat karena dia mampu untuk mengontrol cuaca sampai batas tertentu bahkan di dalam ruangan sekalipun.

Yang menakutkan adalah ketika ketika Weather si pengguna mulai mendapatkan kembali ingatanya. Karena aslinya dia adalah orang yang sangat berbahaya dan dapat mengancam nyawa siapa saja dengan Standnya. Kemampuan terbesar yang dimiliki Stand ini adalah bisa menggunakan kemampuan yang disebut Heavy Weather. Kemampuan ini memungkinkan Weather Report untuk memunculkan pelangi dan ketika seseorang menyentuhnya maka tubuh mereka akan beruba menjadi siput. Akan sangat sulit menghentikan efek ini jika sudah terkena pelanginya, dan salah satu jalan untuk mengalahkannya adalah dengan membunuh Weather Report.

2. Star Platinum

Star Platinum adalah salah satu Stand paling ikonik di serial Jojo karena cukup sering muncul. Stand ini muncul dalam 3 seri yang berbeda yakni pada part 3-4 dan part 6. Stand milik Jotaro Kujo ini diberi gelar Stand petarung terkuat di JJBA karena memiliki serangan brutal dengan daya rusak yang sangat tinggi. Itupun masih didukung dengan kecepatan dan keakuratan diatas rata-rata sehingga menjadikanya tak terkalahkan pada pertarungan jarak dekat.

Di Jojo Part 6 ini kemampuan Star Platinum masih prima dengan kemampuan Time Stop legendarisnya. Tapi meski begitu peran Star Platinum di part ini tidak banyak karena meski kekuatanya tinggi Stand ini sangat kewalahan menghadapi beberapa Stand tertentu salah satunya milik Pucci. Itu dikarenakan musuh yang ada disini lebih terorganisir dan memiliki strategi yang matang untuk mengalahkan Jotaro Kujo. Walau begitu tidak ada yang dapat menyangkal kalau Star Platinum masih menjadi salah satu Stand terkuat yang ada di seri JJBA.

Related Posts

1. Made in Heaven

Dan Stand terkuat dari yang terkuat jatuh kepada Made in Heaven yang merupakan wujud final dari Stand milik Enrico Pucci. Wujudnya yang aneh membuat sebagian orang tidak yakin dengan kemampuan Stand ini. Tetapi dibalik itu terdapat kemampuan luar biasa yang memungkinkan Pucci untuk meraih “Heaven” yang ia dambakan selama hidupnya. Sama seperti C-Moon, Stand ini juga bisa mengontrol gravitasi bumi, bulan dan seluruh alam semesta.

Pucci menggunakan kemampuan Made in Heaven untuk mencapai “Heaven” dengan cara mempercepat waktu yang lama kelamaan akan semakin cepat seiring berjalanya waktu. Percepatan waktu ini yang juga menyebabkan Star Platinum tidak berkutik karena Time Stop menjadi tidak berguna akibat cepatnya waktu. Meski hampir mustahil untuk menghentikannya bukan berarti Made in Heaven tidak dapat dikalahkan. Sebab Pucci masih tetap memiliki semua kelemahan manusianya yang jika diserang secara fatal akan langsung menghentikan efek Made in Heaven, hanya saja cara untuk menyentuh Pucci saja yang hampir mustahil.

“Heaven” yang diinginkan Pucci dapat diraih jika percepatan waktu sudah mencapai batasnya. Jika efek ini dibiarkan sampai batasnya maka seluruh alam semesta akan ter-reset dan semuanya akan mengulang kembali kehidupan normalnya seperti sebelum percepatan waktu. Bedanya di kehidupan yang sudah ter-reset tersebut semua orang akan melihat kilasan masa depan atau takdir mereka ketika akan melakukan segala sesuatu. Dan itulah apa yang dimaksud Pucci sebagai Heaven atau Surga.

Penutup

Itulah tadi daftar 9 Stand Jojo Part 6 terkuat, jika kamu ada pendapat atau list versi kamu sendiri silahkan share saja di kolom komentar. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan