5 Kematian Karakter Paling Memorable di AOT

5 Kematian Karakter Paling Memorable di AOT

Spoiler alert! pada urutan ke 2 dan 1 mengandung spoiler bagi yang belum membaca manga AOT sampai tamat

Kematian karakter sepertinya sudah menjadi makanan sehari-hari bagi penggemar serial Shingeki no Kyojin atau Attack on Titan. Bagaimana tidak, hampir setiap episode dan chapter yang dirilis pasti ada saja karakter yang mati entah itu karakter minor atau penting sekalipun.

Tak cuma karakter yang tampil saja, beberapa karakter yang mati off screen malah lebih banyak dan bahkan sudah tak terhitung lagi. Hal itu membuat serial ini menjadi salah satu yang paling tragis temanya.

Dari sekian banyaknya karakter yang mati tersebut tentu saja banyak yang terlupakan namun ada juga beberapa yang cukup memorable. Seperti dalam daftar yang saya buat dibawah ini yang berisi tentang 5 karakter yang kematiannya paling memorable di AOT.

5. Carla Jaeger

carla jaeger death

Carla Jaeger seperti yang kita tahu adalah ibu dari sang protagonis Eren Jaeger. Dia merupakan sosok ibu yang sangat penyayang kepada anak-anaknya, bahkan dia tidak peduli Eren akan menjadi apa asalkan dia bahagia.

Karakter ini kehadiranya cukup singkat karena dari episode satu Carla sudah dibuat mati dengan cara yang mengenaskan. Kematiannya pun boleh dibilang cukup heroik karena dia berusaha untuk menenangkan Eren dan Mikasa agar mau pergi meninggalkanya untuk menyelamatkan diri dari titan.

Walau kehadirannya cukup singkat, karakter ini masih memiliki peran yang besar terhadap jalan cerita di AOT. Karena kepergiannya meninggalkan luka yang mendalam bagi Eren dan menjadikanya motivasi untuk balas dendam ke para titan.

Kematian karakter ini menjadi memorable karena selain jadi motivasi utama sang protagonis, Carla juga masih hadir dalam cerita latar belakang yang memiliki peran yang cukup banyak.

4. Erwin Smith

erwin smith s3

Erwin adalah karakter pemimpin yang karismatik dan penuh dengan semangat juang yang tinggi, tak heran jika Komandan ke-14 ini selalu dihormati oleh banyak orang. Komandan ini memiliki cara kepemimpinan yang cukup gila karena dia rela akan melakukan apapun demi tercapainya kemenangan dan kebebasan umat manusia.

Sayangnya dia tidak pernah bisa merasakan kebebasan itu karena dia harus rela kehilangan nyawanya demi mengalahkan Zeke si Beast Titan.

Hebatnya setelah kematianya, Erwin masih bisa memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap cerita. Namun sayangnya bukan dampak positif yang dihasilkan melainkan dampak negatif yang berimbas pada konflik internal berujung perpecahan, seperti pada season 4 lalu.

Saya bisa yakin kalau saja Erwin masih hidup sampai season 4 kemungkinan dia bisa mengendalikan konflik yang terjadi. Dan juga mungkin dia akan memberikan solusi yang lebih baik pada permasalahan titan tersebut

3. Sasha Braus

sasha braus s4

Ini adalah salah satu karakter wanita yang memiliki banyak penggemar. Itu karena Sasha si gadis kentang adalah karakter likeable yang kehadiranya dapat mencairkan suasana berkat tingkahnya yang komedi. karakter ini walau terlihat konyol sebenarnya dia adalah salah satu prajurit yang memiliki skill mumpuni. Dari beberapa season kemarin saja sudah banyak diperlihatkan tentang betapa hebatnya skill bertarung gadis kentang ini.

Kalau boleh dibilang, kematian karakter ini merupakan yang paling kontroversial terlepas dari perannya yang hanya seorang pendamping. Wajar saja karena Sasha merupakan salah satu karakter wanita di AOT yang penggemarnya paling banyak.

Bahkan sampai sekarang pun masih banyak fans yang tidak bisa move on dari kematiannya. Ini terlihat dari masih banyaknya orang yang membenci karakter si pembunuh Sasha yakni Gabi Braun. Tak hanya membenci karakternya saja, sikap fans yang geram terhadap Gabi sampai berujung pada hujatan yang dilontarkan kepada “seiyuu” Gabi. Ini bukti betapa besar pengaruh Sasha kepada para fans.

Tak hanya berpengaruh di real life, dampak kematian Sasha juga banyak mempengaruhi jalan cerita di AOT sendiri. Siapa sangka jika kematian Sasha ternyata malah menghasilkan ikatan yang erat diantara dua belah pihak. Jika saja Sasha tidak mati waktu itu mungkin anggota aliansi tidak akan pernah terbentuk dan mungkin ending ceritanya jadi jauh berbeda dari yang ada sekarang.

spoiler alert!

Related Posts

2. Hange Zoe

hange zoe s4

Sejak kematian sang komandan kesayangan kita Erwin Smith, kini tugas kepemimpinan digantikan oleh orang kepercayaannya yakni Hange Zoe. Meski cara Hange memimpin tidak segila dan sehebat Erwin tetapi Hange masih bisa mengendalikan keadaan dan mencari solusi terbaik atas masalah yang ada.

Layaknya Erwin, karakter ini juga sangat dihormati oleh bawahanya bahkan Eren yang sudah membangkang dan melawan siapapun yang tidak sepemikiran dengannya masih menghormati Hange sebagai komandan.

Hange juga merupakan karakter yang sangat penting saat keadaan genting karena berkat dia juga anggota aliansi bisa terbentuk dan bekerja sama satu sama lain.

Karakter ini memang memiliki peranan besar apalagi ketika menjelang akhir cerita, tapi uniknya Hange tidak terlalu terlihat tegang dalam menghadapi situasi mematikan dan malah terlihat cukup santai. Ini mungkin sikapnya yang berani mengorbankan nyawanya sendiri, seperti pada saat dia melawan titan rumbling demi mengulur waktu kepada anggota aliansi untuk bisa kabur.

Pada saat melawan gerombolan titan colossal tidak terlihat sedikitpun rasa takut dalam diri Hange. Dia malah merasa senang dapat berada sedekat mungkin dengan titan yang sangat dia obsesikan selama hidupnya. Dan menurut saya adegan kematiannya terlihat sangat epik dan heroik karena mampu menumbangkan titan colossal seorang diri dalam kobaran api.

1. Eren Jaeger

eren jaeger s4

Kisah perjalanan Eren Jaeger si anak pencari kebebasan harus menerima akhir yang menyedihkan di akhir cerita.

Eren yang selama hidupnya mendambakan kebebasan harus menerima kenyataan bahwa dunia luar tidak seindah seperti di buku Armin. Si pewaris titan penyerang itu telah banyak memahami dunia luar setelah mendapat kekuatan founding titan.

Nampaknya kondisi dunia sekarang menurutnya sangat tidak adil bagi kaumnya dan dia memutuskan untuk melawan dunia sebagai anti hero. Meski dia harus melawan temanya sendiri hal itu terpaksa dilakukan demi membuat mereka bahagia dan aman.

Eren Jaeger ini merupakan salah satu protagonis anime yang menurut saya memiliki pengembangan terbaik. Kehidupanya yang penuh akan dendam dan ironi membuatnya berubah dari anak biasa yang ingin keluar tembok menjadi sosok yang ditakuti dunia.

Sebagai sorang tokoh utama di seri ini tentu saja kematiannya akan diingat oleh semua fans. Terlepas dari kontroversi mengenai pertanyaan fans akan motivasinya di akhir kisah, tetap saja masih membuat Eren sebagai karakter yang fenomenal di industri anime dan manga saat ini.

Tapi mungkin saja pendapat saya yang agak terlalu berlebihan mengenai karakter ini. Karena memang tidak semua pecinta anime setuju kalau Eren adalah salah satu protagonis dengan pengembangan terbaik terlebih ketika melihat ending AOT.

Penutup

Demikianlah daftar versi saya mengenai topik ini jika kamu memiliki pendapat atau versi sendiri mengenai topik diatas bisa silahkan tulis di kolom komentar. Saya juga tidak keberatan jika pendapat kamu ternyata berbeda jauh dari versi saya. Cukup sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan