Penjelasan “PATH” Tersimpel di Attack on Titan dan Asalnya

Penjelasan “PATH” Tersimpel di Attack on Titan dan Asalnya

Serial Attack on Titan memang menjadi salah satu anime yang paling fenomenal belakangan ini. Ceritanya yang makin mengangkat soal isu serius membuatnya menjadi bahan perbincangan hangat di kalangan pecinta anime. Apa lagi sekarang sudah memasuki musim final yang artinya sebentar lagi kita akan merasakan tensi luar biasa dari Attack on Titan.

Walaupun animenya sendiri sudah memasuki babak akhir, tapi masih ada hal lain yang belum pernah dibahas atau tampil pada musim sebelumnya. Salah satu hal yang masih jadi misteri disini adalah tentang “Path”. Selama ini kita hanya melihat sedikit tentang dunia misterius ini dan selama ini seperti dirahasiakan tentang seluk-beluk Path. Lalu sebenarnya apa itu Path dan kenapa ini menjadi sesuatu paling penting pada season final part 2.

Benar sesuatu yang selama ini ditutup-tutupi itu mulai terkuak sedikit demi sedikit di season final part 2 dan Path tersebut akan memiliki pengaruh yang besar pada endingnya nanti.

Related Posts

Dunia Path dalam Attack on Titan

Secara gambaran kasar, Path adalah sebuah dunia metafisik atau alam bawah sadar yang menghubungkan seluruh subjek Ymir. Itu artinya tidak ada ras lain selain subjek Ymir yang bisa mengakses dunia ini. Dunia ini cuma dipenuhi oleh pasir dengan ditengahnya tertanam seperti sebuah pohon dengan banyak cabang dan di dekat itu tinggalah sang pewaris Founding Titan pertama yakni Ymir Fritz.

Ymir Fritz tampil dengan sosok anak perempuan yang menjaga dunia Path. Menurut saya tampilanya itu terlihat misterius dan pada beberapa momen tampak agak menyeramkan seolah-olah dia menyimpan amarah yang besar. Tapi saya tidak akan membahas banyak tentang Ymir Fritz sekarang ini.

Fungsi dari Path

Selama saya mengikuti seri Attack on Titan ini sebenarnya saya agak kurang puas dengan seluk-beluk dunia Path karena ada beberapa hal kecil yang saya rasa pantas untuk lebih dijelaskan secara mendalam. Dan saya dulu sangat berharap Isayama dapat memberikan penjelasan lebih rinci dari dunia ini, tetapi apa yang saya harapkan tidak terjadi.

Terlepas dari itu saya hanya bisa menjelaskan beberapa fungsi Path seadanya saja. Baiklah, tentang fungsi Path yang paling gampang dilihat adalah sebagai penghubung antara pewaris Founding Titan dengan seluruh subjek Ymir, karena saya tidak melihat ada subjek Ymir biasa yang bisa menggunakanya untuk terhubung. Jadi bisa disimpulkan hanya pewaris founding saja yang bisa membuka akses tersebut.

Siapapun yang menjadi pewaris founding bisa dengan bebas mengakses Path tersebut namun hanya sebatas akses saja. Karena yang memiliki kekuasaan mutlak adalah mereka yang merupakan bangsawan subjek Ymir yang bisa dengan bebas memerintah sosok Ymir penjaga Path tersebut. Itulah mengapa Zeke dan Eren bekerja sama untuk bisa mengakses dan menggunakan kekuatan Path sepenuhnya, Eren sebagai akses masuk dan Zeke memberikan perintah kepada Ymir.

Selain bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan subjek Ymir, kegunaan lain dari Path cukup luar biasa seperti memodifikasi genetik subjek Ymir sampai memanipulasi memori mereka seperti yang dilakukan Raja Fritz. Bahkan Path ini menjadi penyebab mengapa perjanjian Raja Fritz bisa bertahan selama dua ribu tahun. Ini juga yang direncanakan oleh Zeke tentang menggunakan Path untuk melancarkan rencana euthanasia pada subjek Ymir.

Asal-usul dunia Path

Saya tidak begitu yakin dengan asal-usul dunia Path ini karena tidak menemukan penjelasan yang rinci dari mana asalnya. Yang dapat saya lakukan hanya berasumsi tentang asal dunia metafisik ini. Kalau dilihat dari cerita yang dihadirkan dapat saya simpulkan kalau Path muncul ketika Ymir Fritz mendapatkan kekuatan founding titan.

Tapi bisa juga path muncul ketika Ymir Fritz mati dan diwariskan kepada keturunan Raja Fritz. Inilah yang agak saya sesalkan tentang seluk-beluk path yang tidak dijelaskan lebih detail, atau mungkin saja saya yang kurang teliti dalam mengikuti seri ini? Entahlah, tapi apapun itu saya hanya tahu kalau dunia Path ada di cerita sebagai penjelasan dari sebagian besar inti permasalahan.

Kesimpulan

Simpelnya, Path adalah alat bangsawan subjek Ymir pewaris founding titan berupa dunia metafisik yang digunakan untuk terhubung serta mengatur seluruh subjek Ymir secara mutlak.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan tentang Path di Shingeki no Kyojin, jika ada pendapat tentang topik ini silahkan tulis saja di kolom komentar. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan