Cara Maraton Anime “Samurai X” Terbaik yang Patut Dicoba

Cara Maraton Anime “Samurai X” Terbaik yang Patut Dicoba

Rurouni Kenshin adalah salah satu anime legendaris yang sudah sangat terkenal baik di seluruh dunia maupun Indonesia. Bagi anak generasi 90 sampai 2000-an pasti masih ingat kalau anime ini dulu dikenal dengan nama “Samurai X”. Dulu anime ini sangat populer di Indonesia lantaran sempat ditayangkan di TV nasional, jaman dimana anime masih banyak menghiasi layar kaca dari pagi hingga sore.

Cerita dari anime Rurouni Kenshin sendiri adalah mengisahkan tentang seorang samurai bernama Kenshin Himura. Dia aslinya merupakan pembantai berdarah dingin berjuluk “Hitokiri Battosai” yang sangat ditakuti pada era Meiji di Jepang. Diceritakan pada tahun ke 11 periode Meiji atau tepatnya tahun 1878 Kenshin sudah lama berhenti dari pekerjaanya sebagai pembantai. Dengan berbekal sebilah katana, Kenshin memulai pengembaraanya sebagai samurai biasa yang ramah tamah.

Yang menarik dari anime ini selain dari ceritanya yang sangat berisi adalah persenjataan yang digunakan oleh karakternya. Sebut saja pedang milik Kenshin yang dinamai “Sakabato” memiliki bilah yang terbalik. Penggunaan berbagai macam senjata yang unik itu membuat pertarungan menjadi lebih menarik untuk diikuti karena akan memberikan kejutan tersendiri.

Nah sekarang bagi kamu yang ingin menyaksikan atalu maraton anime Samurai X, saya ada beberapa tips supaya pengalaman nonton serial ini menjadi lebih maksimal. Dan salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah menghindari untuk menonton episode filler yang nggak ada kaitanya dengan jalan cerita utama.

Lalu episode manakah yang termasuk canon dan mana yang tidak? untuk menjawab rasa penasaranmu silahkan saja lihat daftar di bawah ini.

Episode canon anime Rurouni Kenshin:

Episode 01-05 – epidode pengenalan

Episode 06-07 – mini arc Jin-E

Episode 08-11 – mini arc Oniwabanshu

Episode 19-21 – mini arc Raijuuta

Episode 23-24 – mini arc Seikiho Army

Episode 28-62 – Shishio arc (Kyoto arc)

Episode filler Rurouni Kenshin:

Episode 11-18 – episode filler

Episode 22 – episode filler

Episode 25-27 – filler arc Pirate Shura

Episode 63-66 – filler episode

Episode 68-76 – filler arc Shougo Amakusa

Episode 77-95 – hanya berisi episode dan filler arc

Diatas dapat kita lihat kalau sebenarnya yang mendominasi di anime Samurai X adalah episode fillernya. Tapi walaupun begitu tidak semua episode filler tersebut berkualitas jelek karena masih ada beberapa yang masih layak untuk ditonton terutama beberapa episode sebelum episode 62. Dan bagi kamu yang ingin melihat kelanjutan kisah Rurouni kenshin kamu tidak perlu khawatir sebab masih ada arc lanjutan yaitu “Jinchu” arc.

Namun sayangnya Jinchu arc ini tidak mendapatkan adaptasi animenya sampai sekarang dan mungkin tidak akan dianimasikan. Jadi jika kamu ingin melihat cerita lanjutan setelah arc Kyoto saran saya langsung saja mulai membaca versi manganya dari chapter 151 hingga selesai.

Jinchu Arc

Jinchu arc merupakan arc ketiga dan terakhir dalam versi manga Rurouni Kenshin yang dimulai dari chapter 152 sampai 255. Di arc ini akan mengisahkan lanjutan cerita Kenshin pasca arc Kyoto. Musuh yang dihadapi kali ini jauh lebih berbahaya daripada yang sebelumnya karena dia dipenuhi dendam masa lalu yang berkaitan dengan Kenshin. Disini juga akan mengungkap lebih dalam mengenai kisah masa lalu Kenshin ketika masih menjadi seorang pembantai.

Kabar baiknya meski arc ini tidak diadaptasi dalam animenya, Jinchu arc masih mendapat adaptasi versi live action dan akan menjadi film terakhir.

Alasan Jinchu arc tidak dianimasikan

Sebenarnya tidak ada alasan pasti kenapa arc ini tidak dianimasikan, tapi ada beberapa asumsi dikalangan fans mengenai alasan versi anime Jinchu arc batal produksi diantaranya: Terlalu banyaknya episode filler karena jadwal rilis manga terkejar oleh produksi animenya, mengakibatkan kualitas cerita jadi menurun sehingga rating drop. Andai saja anime Rurouni Kenshin dulu dibuat dengan sistem rilis musiman pasti episode filler bisa diminalisir dan membuat kualitas cerita terjaga.

Dan satu alasan lainya adalah karena tema cerita yang menjadi semakin kelam membuatnya agak kurang sesuai dengan tema cerita awal versi anime.

Related Posts

Kesimpulan

Memang anime Rurouni Kenshin jauh dari kata utuh karena harus menyambung ke versi manganya, tetapi menurut saya itu bukanlah sesuatu yang buruk. Karena jujur saja versi manganya terlihat lebih bagus karena memuat cerita lebih padat dan pertarunganya tidak terlalu berlebihan seperti dalam animenya.

Cukup itu saja tips maraton anime Samurai X yang dapat saya sampaikan, sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan