Inilah Bukti Kekuatan Mengagumkan “Star Platinum” di JJBA

Inilah Bukti Kekuatan Mengagumkan “Star Platinum” di JJBA

Stand merupakan sumber kekuatan utama yang ada di serial Jojo’s Bizarre Adventure. Jenis kekuatan ini merupakan perwujudan dari energi kehidupan seseorang yang bangkit. Sebenarnya konsep “Stand” ini merupakan alternatif kekuatan yang sudah ada sebelumnya yakni “Hamon” yang pertama kali diperkenalkan pada part 1 sampai 2.

Walaupun konsep stand ini tidak diperkenalkan di awal seri namun berkat keunikanya membuat banyak orang makin tertarik dengan jenis kekuatan ini. Karena kekuatan stand ini sangat bervariasi dan seperti tak ada batasnya sehingga membuat seri Jojo menjadi makin unik dan nyeleneh. Di Jojo sendiri ada banyak tipe dan bentuk stand yang tampil mulai dari dari yang kecil sampai ke besar dengan beragam kemampuan, dan bahkan diantaranya seperti punya kekuatan dewa.

Jika kita membahas soal Stand pasti para penggemar masih ingat stand apa yang pertama kali muncul di seri ini. Yap benar sekali, stand yang pertama kali diperkenalkan di Jojo adalah Stand milik Jotaro Kujo bernama “Star Platinum”. Stand ini tampil dengan wujud humanoid dengan tubuh berwarna biru. Kalau kita melihat Star Platinum secara sekilas pasti banyak yang berasumsi kalau ini merupakan stand yang kuat karena memiliki tubuh kekar bak binaragawan. Karena memang benar saja stand ini merupakan salah satu yang terkuat di seluruh seri.

jotaro's stand stats

Stand milik Jotaro ini memiliki stats yang boleh dikatakan hampir sempurna karena memiliki nilai yang tinggi dari berbagai aspek. Tapi apakah stats yang tinggi itu sesuai dengan kemampuan aslinya? Untuk membuktikanya saya ada beberapa momen pembuktian kekuatan Star Platinum di bawah ini.

5. Menangkap Peluru

star platinum vs gun

Pada awal seri Jojo part 3 diperlihatkan Jotaro Kujo sedang mendekam dibalik jeruji. Dia bersikeras tidak mau keluar penjara meski dibujuk oleh ibunya sendiri. Hal itu lantaran Jotaro mengaku sedang diganggu oleh sesosok roh jahat yang menempel padanya. Roh tersebut tak lain dan tak bukan adalah Star Platinum yang baru saja bangkit. Jotaro yang belum mengetahui apa itu stand menganggapnya berbahaya bagi orang lain dan memutuskan untuk berdiam diri di penjara.

Meski orang biasa tidak bisa melihat wujud Star Platinum, Jotaro berusaha untuk menunjukan bahwa ada sesuatu yang aneh dengan dirinya. Kemudian Jotaro dengan sigap melucuti pistol seorang sipir didepanya dengan bantuan Star Platinum. Dan dengan seketika pistol tersebut langsung diarahkan ke kepala Jotaro sendiri dan menembaknya. Benar saja Star Platinum langsung menangkap peluru pistol itu dengan kecepatan kilat. Ini sekaligus menjadi pembuktian tentang tiga kekuatan utama Star Platinum yakni kekuatan, kecepatan dan keakuratan.

4. Star Finger!

star finger

kemampuan ini terkesan konyol tetapi sangat berguna ketika keadaan terdesak. Star Platinum akan memanjangkan jari telunjuk dan tengahnya hingga beberapa sentimeter. Kemampuan ini cukup efektif mengingat stand ini memiliki jangkauan serang yang sangat pendek jadi dengan Star Finger dia masih bisa mengenai lawan yang berada di luar jangkauanya.

Star Finger selama ini hanya pernah digunakan dua kali saja oleh Jotaro sepanjang seri JJBA. Meski sebenarnya kemampuan ini cukup berguna namun karena konsepnya yang terlihat agak konyol membuat sang author “Hirohiko Araki” tidak menampilkanya kembali. Kalau dilihat memang benar kemampuan ini kurang cocok dengan sifat Jotaro yang kalem sekaligus tegas, dan saya rasa kemampuan stand seperti ini lebih cocok untuk Polnareff.

3. Menyedot Stand Lawan

star platinum vs justice

Kemampuan aneh Star Platinum selanjutnya adalah bisa menyedot stand lawanya. Ini pernah diperlihatkan oleh Jotaro ketika sedang melawan “Justice”, stand milik Enyaba. Justice merupakan stand yang cukup kuat karena memiliki kemampuan untuk mengendalikan tubuh manusia baik masih hidup atau sudah mati. Wujud Justice yang merupakan kabut membuat Stand petarung tidak bisa mendaratkan serangan fisiknya, bahkan Silver Chariot saja tidak berkutik ketika menghadapi Justice.

Namun hal itu tidak berlaku bagi Star Platinum, sebab meski tinju “Ora-ora” tidak mampu menumbangkan Justice, Jotaro masih punya ide gila lain. Yakni dengan menghisap atau menyedot seluruh tubuh Justice dengan Star Platinum sehingga Enyaba kehilangan kendali dan tumbang. kalau dipikir-pikir kemampuan seperti ini seharusnya juga bisa berlaku bagi stand berwujud kabut atau gas lainya, misalnya Star Platinum dihadapkan dengan stand seperti itu lagi mungkin cukup disedot saja dan selesai.

2. Za Warudo!

star platinum za warudo

The World atau Za Warudo adalah stand milik sang villain utama di Jojo part 3 yakni DIO. Ini adalah salah satu stand petarung terbaik dan terkuat karena memiiki stats yang serupa dengan Star Platinum. Bedanya Za Warudo memiliki kemampuan spesial untuk bisa menghentikan waktu beberapa detik. Itulah kemampuan yang membedakan Za Warudo dengan stand milik Jotaro setidaknya ketika awal pertarungan. Itu karena selama pertarungan Jotaro mulai membangkitkan kemampuan “Time Stop” dari Star Platinum.

Jotaro yang sudah bisa menggunakan time stop selama dua detik dimanfaatkanya untuk melawan balik time stop DIO. Adu strategi dan time stop pun tak terhindar selama pertarungan hingga pada akhirnya Jotaro keluar sebagai pemenang. Kemampuan time stop yang Jotaro bangkitkan di akhir part 3 masih dia kuasai ketika dia tampil di Jojo part 4.

Pada seri Diamond is Unbreakable, Jotaro makin sering menggunakan time stop untuk melawan stand musuh. Dia bahkan menambahkan nama Za Warudo ketika akan menggunakan time stop. Tapi sayang, Jotaro yang jarang melatih kemampuan time stop nya membuat performa Star Platinum agak ngedrop di part 4.

Related Posts

1. Menghentikan dan Memompa Jantung

jotaro heart

Tak cuma handal digunakan dalam adu jotos, Star Platinum ternyata juga memiliki kemampuan unik lain yang boleh dibilang cukup ngilu untuk dilihat. Yakni ketika Jotaro mengguanakan standnya untuk meremas jantungnya sendiri sehingga berhenti beredetak. Ini dia lakukan untuk mengelabuhi DIO agar supaya yakin kalau DIO benar benar membunuh Jotaro. Untung saja Jotaro tidak kebablasan ketika menggunakan cara ini. Karena setelah dia hampir kehilangan seluruh kesadaranya, Star Platinum langsung dengan segera memompa jantung Jotaro agar bangkit kembali dan langsung memberikan serangan kejutan kepada DIO yang sedang panik kebingungan.

Tidak cuma bisa memompa Jantung tuanya sendiri, Star Platinum juga bisa memompa jantung orang lain. Seperti pada momen dimana dia memompa jantung Kakek Joseph setelah mengalami kritis akibat kehilangan banyak darah. Beruntung kakek tua Joseph bisa tertolong nyawanya setelah diberi transfusi darah dan dipompa jantungnya oleh Star Platinum sehingga dia bisa kembali dari Mesir dengan selamat bersama Jotaro dan Polnareff.

Penutup

Itulah tadi beberapa kemampuan spesial Star Platinum yang jadi bukti kekuatanya. Manakah dari kemampuan diatas yang menjadi favoritmu? ataukah ada kemampuan lain dari Star Platinum yang tidak tertulis di artikel ini? kalau ada tambahan silahkan saja tulis di kolom komentar, sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan